Friday, June 15, 2007

1. PERENCANAAN SISTEM

PERENCANAAN SISTEM
Proyek sistem informasi harus direncanakan dengan baik, meliputi :

1.Identifikasi
2.Klasifikasi
3.Peringkat
4.Pemilihan
Beberapa metodologi perencanaan sistem :

1.SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats)
Strength dan Weakness berkaitan dengan kondisi internal perusahaan yang meliputi bidang manajemen, produksi, SDM, marketing, R&D, dan sebagainya. Opportunity dan Threats berkaitan dengan kondisi eksternal perusahaan meliputi bidang ekonomi, sosial, politik dan faktor teknologi.
2.VCM (Value Chain Model)
Merupakan evaluasi apakah dengan sistem informasi yang dibuat, memberikan keuntungan kompetitif melalui analisis berantai dari suatu organisasi, mulai dari bahan baku sampai dengan produk jadi, pengiriman sampai kepada konsumen.
3.BPR (Business Process Reengineering)
Suatu organisasi harus menemukan kembali kelemahan-kelemahan pada organisasinya dan membebaskan dari hal yang bersifat struktur hirarki, dekomposisi dan prinsip-prinsip operasional yang sekarang masih digunakan (unit-unit vertikal).
4.ISA (Information System Architecture).

Semua pilihan metodologi diatas, berkonsentrasi pada effectiveness (doing the right things=mengerjakan hal yang tepat) daripada hanya sekesar efficiency (doing things right=mengerjakan sesuatu dengan tepat).
Sistem untuk 3 (tiga) level management, antara lain:
1.Strategik  Mendukung kegiatan organisasi dengan tujuan jangka panjang (Data Mining, Knowledge Management). Contoh : Market dan Sales Analisis, Product Planning.
2.Taktikal  Kebijakan yang mendukung kegiatan organisasi dalam jangka pendek (Data Warehouse, OLAP). Contoh Analisis Budget, Inventory Schedulling.
3.Operasional  Aktifitas sehari-hari dan hanya mendukung kegiatan produksi (Database, Proses transaksi). Contoh : Invoice, Payroll dan Accounting.





No comments: