Friday, June 15, 2007

2. PENGANTAR UNIFIED MODELLING LANGUAGE

UML adalah salah satu tools yang paling penting :
Akurat
Konsisten
Mudah dikomunikasikan
Mudah untuk diubah
UML tidak hanya sekedar memodelkan sistem sebagai kumpulan object, tetapi juga menjelaskan apa yang dapat dilakukan oleh sistem, bagaimana sistem memenuhi fungsinya. UML tidak hanya memberikan standarisasi dalam notasi/diagram, melainkan menjelaskan juga aturan hubungan antar komponen.
UML terdiri atas sejumlah elemen-elemen grafik yang mengkombinasikan ke dalam bentuk diagram. UML mempunyai aturan untuk mengkombinasikan elemen-elemennya. Tujuan dari diagram-diagram ini adalah untuk menghasilkan multiple view dari sistem, dan kumpulan dari view disebut dengan model. Model UML dari suatu sistem suatu saat seperti sebuah model skala dari bangunan. Penting untuk diperhatikan bahwa model UML menjelaskan apa yang diajukan sistem untuk dikerjakan, bukan bagaimana cara mengimplementasikannya. Akan diberikan sekilas tentang komponen-komponen UML :

Class Diagram
Pikirkan sesuatu di seputar kita. Kita mungkin melihat bahwa benda-benda dapat dimasukkan dalam kategori tertentu (mobil, furniture, mesin cuci, dan sebagainya). Kita mereferensikan bahwa kategori-kategori diatas sebagai sebuah class. Class adalah sebuah kategori dari kumpulan sesuatu yang mempunyai kemiripan attribute dan behaviour (tingkah laku).
Sebagai contoh class mesin cuci mempunyai attribute seperti brand name, model, serial number, capacity. Behaviour untuk sesuatu dalam class mesin cuci termasuk operasi menambah cucian, menambah detergent, hidupkan mesin dan amnil pakaian.

Object Diagram
Object adalah instance dari sebuah class-sesuatu yang spesifik yang mempunyai nilai dari attribute dan behaviour. Contoh : mesin cuci mempunyai brand name : Laundatorium, model name : Washmeister, serial number : GLS577774 dan capacity 16 kg.

Use Case Diagram
Use case adalah penjelasan tingkah laku sistem menurut pandangan user. Simbol little stick yang menghubungkan ke user disebut dengan actor. Simbol ellips mempresentasikan use case. Actor yang menginisial use case dapat berupa orang, sesuatu atau sistem yang lain.
State Diagram
Suatu object bisa berada dalam keadaan yang berbeda. Seseorang bisa mengalami masa baru lahir, bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa dan masa tua. Sebuah elevator bisa berada dalam kondisi bergerak, naik, berhenti, atau bergerak turun. Mesin cuci bisa berada dalam kondisi soak, wash, rinse, spin atau off state.

Sequence Diagram
Class diagram dan Object diagram mempresentasikan static information. Dalam sistem fungsional, object berinteraksi dengan object lainnya dan interaksi ini terjadi sepanjang waktu. Sequence Diagram menunjukkan dinamik yang berdasarkan waktu dari interaksi mereka.
Melanjutkan contoh mesin cuci yang lalu, komponen dari mesin cuci meliputi water pipe (untuk memasukkan air baru), drum (bagian untuk menempatkan pakaian) dan drain. Apa yang akan terjadi pada saat kita menggunakannya? Asumsikan bahwa kita telah memberikan atau melakukan operasi add pakaian, add deterjen, dan add turn on. Urutan langkah-langkah sebagai berikut :
1.Air memasuki drum melalui water pipe.
2.Drum berhenti/diam selama 5 (lima) menit.
3.Air berhenti masuk.
4.Drum berputar bolak-balik selama 15 menit.
5.Air sabun meninggalkan drum melalui drain.
6.Air masuk drum lagi.
7.Drum melanjutkan putaran bolak-balik lagi.
8.Air berhenti masuk.
9.Air bilasan keluar melalui drain.
10.Drum berhenti berputar, pekerjaan selesai.

Collaboration Diagram
Elemen-elemen dalam suatu sistem bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuannya dan bahasa modelling harus memiliki suatu cara untuk mempresentasikannya. Collaboration Diagram didesain untuk tujuan ini.

Activity Diagram
Aktifitas yang terjadi pada use case atau di dalam tingkah laku object secara tipikal pada sequence, sebagaimana dalam sebelas langkah terdahulu.

Component Diagram
Component Diagram dan Deployment Diagram adalah kelengkapan dalam sistem komputer (implementasi). Pengembangan perangkat lunak modern menciptakannya melalui komponen-komponen yang mana secara jelas didasarkan pada usaha-usaha pengembangan dengan menggunakan tim.

Deployment Diagram
Dalam Deployment Diagram menunjukkan arsitektur secara fisik dari sistem yang berbasis komputer. Dapat terdiri dari komputer dan peralatan-peralatan lainnya.





No comments: