Friday, June 15, 2007

5. FINDING CLASSES

What is Object ?
Object adalah representasi entity, sesuatu yang nyata atau konsep. Object dapat menyatakan sesuatu yang konkrit seperti : Denny, Komputerku, atau konsep seperti proses kimia, transaksi bank, order pembelian. Masing-masing object dalam sistem mempunyai karakteristik state, behaviour, dan identity.

State, Behaviour, and Identity
State suatu object adalah salah satu kondisi yang mungkin. State suatu object secara tipikal berubah menurut perubahan waktu, ia didefinisikan sebagai set of properties (attributes).
Behaviour menentukan bagaimana sebuah object merespon permintaan object lain. Behaviour diimplementasikan sebagai set operations. Sebagai contoh add a student, delete a student.
Identity bermakna bahwa masing-masing object adalah unik.

Entity Class
Class Entity memodelkan informasi dan tingkah laku yang umumnya long lived. Requirement analysis berurusan dengan entity class. Tipe class ini merefleksikan real world entity atau mungkin diperlukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan internal pada sistem. Secara tipikal ditemukan pada awal fase elaborasi dan sering disebut class domain.
Boundary classes menangani komunikasi antara sistem dengan sekelilingnya dan menyediakan interface ke user atau sistem yang lain.
Control Classes mengkoordinasikan kejadian yang diperlukan untuk merealisasikan behaviour yang dispesifikasikan dalam use case. Control classes sebagai running atau executing use case yang mempresentasikan dynamic use case.

Packages
Sistem yang terdiri banyak class, maka diperlukan mekanisme untuk mengelompokkan mereka supaya lebih mudah menggunakannya, mudah memeliharanya dan mudah menggunakannya kembali.




No comments: